Sunday, July 5, 2009

Krispy ato original?


Akibat kemakan iklan di star world yang menampilkan preview film my
sassy girl versi amrik, gw jadi penasaran pengen nonton juga. Secara
itu pelem ditayangin di star movies dan gw tidak berlangganan star
movies, salah satu untuk nonton pelem itu (selain ngintip di tipi
tetangga yang langganan star movies) ialah beli DVD bajakan. Yaaaaaay!
Bersorak-sorailah kepada DVD bajakan!

Kebetulan pas ke tukang DVD ketemu itu pelem. Cuma 1-1nya, mungkin kaga
ada yang nyariin juga ya. Hehe. Plus ditambah pelemnya kuaran taun
2008 pula. Ya sudahlah eke beli itu pelem. Lantas kemaren dengan
semangat gw setel itu DVD, namun di otak gw masih terbayang pelem my
sassy girl yang versi korea (walaupun lupa-lupa inget ye karena pas
nonton yang versi korea, saya masih remaja, kalo sekarang udah usia
young woman bwakaka).

Secara keseluruhan sih, gw masih merasa lebih bagus yang versi korea
disebabkan oleh beberapa alasan. Mari saya bahas satu per satu
(panjang pendeknya pembahasan gw tergantung mood menulis hehe).
Alasan pertama ialah acting para pemainnya aneh. Kayanya ga ada
chemistry antar pemainnya. Cie ileh. Sok mengomentari orang (one thing
I’m good at) hahaha. Untuk pemain prianya, gw merasa tampangnya kurang
bloon untuk ditindas, sedangkan untuk cewenya, gw tidak merasakan
adanya kesedihan dalam pemain cewenya. Padahalkan mestinya pemeran
cewenya walopun sadis, tetap memancarkan kesedihan dalam matanya. Trus
giliran si cewe tiba-tiba nangis, air matanya langsung banjir
berlebihan gitu. Aneh banget hehehe.

Yang kedua yang menurut gw paling ganggu ialah penekanan pada ending
filmnya terlalu berlebihan. Bagi yang belum nonton yang versi korea
mungkin kaga gitu terganggu dengan bagian ini. Jadi gw jelaskan
terlebih dahulu dah ceritanya (maap bagi yang belum nonton ini film,
spoiler warning neh, sudah saya ingatkan ye). Begini, cerita pelem ini
ialah tentang cowo namanya Michael (yang gw inget nama versi amrik,
nama korea op kors gw ga inget) ketemu dengan cewe yang namanya Jordan
(eh, dipikir-pikir kalo undangan kawin dicetaknya Michael Jordan
dong). Nah ini cewe tuh pas ketemu lagi mabok di stasiun kereta.
Walhasil karena si Michael baik hati melihat cewe ini, dianterlah die
pulang. Lantas besoknya ini cewe nelpon si Michael dan mulai masuk
dalam kehidupannya. Cie ileh bahasanya. Si cewe ini punya karakter
suka semena-mena dan berbuat sesuka hatinya. Nah setelah sebulan lebih
mereka nge-date, si cewe ini memutuskan untuk berhenti berhubungan
dengan ini cowo, tapi sebelumnya mereka berjanji untuk satu tahun lagi
ketemu di bawah pohon yang udah ditentukan. Sebelumnya mereka udah
nulis surat untuk masing-masing dan dikubur di bawah pohon itu. Kalo
versi korea dikubur di dalem tempat berbentuk telor (seinget gw),
sedangkan versi amrik, suratnya dimasukin ke martini shaker mwahahaha.
Si cewe bilang: kalo emang jodoh kite ketemu lagi 1 taun dari sekarang
untuk baca surat ini.
Walhasil satu tahun berlalu (cepet banget ye). Si cowo datang ke bawah
pohon dan mulai baca surat tuh cewe. Si cewe bercerita kalo selama ini
die berhubungan dengan itu cowo karena terbayang-bayang dengan mantan
tunangannya udah meninggal, yang mirip banget sama si Michael ini. Si
cewe bilang: kalo gw udah bisa melupakan mantan tunangan gw, brarti gw
akan muncul di pohon ini. Namun sayang beribu sayang, si cewe tak
hadir. Hiks hiks. Tapi tenang saudara-saudara, ini pelem belum
berakhir. Simpan dulu sapu tangan anda.
Kalo versi koreanya, di awal cerita, diceritakan dalam dialog singkat
kalo ini cowo dipaksa oleh bibinya untuk ketemu dengan seorang cewe
yang menurut bibinya, cocok dengan die. Pernyataan ini cuma
diungkapkan sekali dan awal banget, sampe-sampe lu ga bakal inget
sampe di bagian ending.
Lantas, kalo versi amerika, si bibi yang punya anak baru meninggal,
juga nyuruh si cowo untuk ketemu dengan cewe ini, namun,
diceritakannya bukan hanya sekali, versi amerika lebih menekankan ke
kemiripan co ini dengan anaknya si bibi yang mau ngejodohin si Michael
dengan cewe ini. Kurang lebih 3x disebutkan tentang kemiripan co ini
dengan sepupunya yang udah meninggal, trus tentang bibinya yang
maksa-maksa ketemuin si Michael ama ce kenalan bibinya.
Akhir cerita, si Michael ketemu mau juga ikut acara kenalan yang
diselenggarakan oleh bibinya dan ternyata cewe itu ialah si Jordan.
Nah menurut gw, karena yang versi amerikanya, udah terlalu banyak
disebut tentang kemiripan si Michael dengan sepupunya yang meninggal,
jadi kurang berkesan ending dari movie ini, jadi kurang greget rasanya
(plus acting pemain yang ga asik hehehe).

Ato mungkin saja karena gw udah nonton duluan, jadi ada perbandingan
dengan film sebelumnya. Ada juga film korea lain yang dijadiin versi
amerikanya. Yang main Sandra bullock ama Keanu reeves (mas nunu uhui).
The glass house judulnya, tp versi korea judulnya Il Mare kalo ga
salah. Menurut gw sih yang versi amerikanya aja ok, pasti yang versi
koreanya lebih oke dan mengiris hati dah.hehehe.

Yah sebenernya sih susah juga kalo yang namanya karya seni baik film,
buku, music, diperbandingkan. Semua tergantung selera, anda suka pelem
yang versi mana. Mau yang versi original, ato yang udah ditambahin
bumbu-bumbu? Hehehe
Sama kaya sebuah novel yang dialihbahasakan, pasti gregetnya kurang
dengan bahasa aslinya. Belum lagi beda kebudayaan sehingga mesti
disesuaikan lagi sesuai dengan Negara masing-masing. Tapi biasa sih
yang original lebih asik (tetep maksa hehehe).
Hidup yang original!

1 comment:

  1. wakakakaka.. lucu..
    hidup eliz..
    teruslah membuat review2..
    haha..
    gw br tau ada film sassy girl versi amrik. hehe..pinjem duuunk..

    Ain pk acc dd na

    ReplyDelete