Friday, October 23, 2009

IPS dasar

Pagi ini iseng-iseng saya membaca ‘Pembagian Wilayah Republik Indonesia’. Setelah membaca semua nama propinsi dan daerah tingkat dua, saya merasa saya sangat ketinggalan update mengenai Negara saya sendiri. Terakhir kali seingat saya, ketika sd, kita diwajibkan menghafal nama-nama propinsi dan nama ibukotanya, Indonesia hanya punya 27 propinsi. Ketika berubah menjadi 33 propinsi saya juga pernah dengar, tapi tidak pernah memperhatikan. Bisa dikatakan hal yang paling membuat saya aware tentang perubahan jadi 33 propinsi ialah kontes miss dan putri Indonesia di tipi, namun sebelumnya saya tidak pernah secara khusus meluangkan waktu membaca deretan nama dan propinsi baru ini.

Bisa dibilang sepuluh tahun lebih berlalu dari jaman esde. Saya ingat banget waktu esde kita disuruh menghafalkan nama kota-kota di Indonesia. Waktu jaman saya esde, si ibu guru menggambar sendiri peta di papan tulis hitam (masih jaman pake kapur) dan papannya masih bisa dibalik (diputer gitu), jadi ketika pelajaran IPS, si ibu guru tinggal membalik papan tulisnya dan menyuruh kita menyebutkan nama kota yang ditunjuk dengan penggaris kayunya. Hehehe. Lucu yah jaman esde. Jaman kapur, yang bisa bikin batuk-batuk anak-anak yang duduk di barisan depan.

Ketika esde sih, saya pasti hafal nama-nama propinsi di Indonesia (sok pede), tapi sekarang kalau ditanya mah boro-boro inget tentang ibukota Indonesia hehehe. Setelah saya baca ulang tentang nama-nama propinsi, saya baru sadar ya kalo tidak ada Kalimantan Utara hahahahahaha. Kalimantan utara mah Malaysia sama Brunei yah (tadi sempet termenung bego gitu mikirin Kalimantan utaranya mana). Lantas pas mikirin Batam, gw bingung batam masuk propinsi mana hahahahaha. Ternyata Kepulauan Riau. Betul kan? Hahahaha

Gile, kalo sekarang gw ikut ‘are you smarter than a fifth grader?’ dan ditanya tentang propinsi Sulawesi Tenggara bisa-bisa gw mempermalukan diri di depan tivi nasional hahahaha. Haduh, jadi malu sendiri mikirnya. Ternyata Indonesia luas ya bo. Mari kita mengenali Negara kita lebih dalam. Kalo dapet tiket graris keliling Indonesia saya ga nolak kok. Skalian menghafal nama kota-kota di Indonesia macam Kayuagung, Ungaran, Putussibau dan Jeneponto! (baru denger kan nama kotanya? Sama dong hahaha)

No comments:

Post a Comment